FASILITAS KANTOR


Ini adalah link dari sebuah persentasi menarik dari saya mengenai FASILITAS KANTOR mata pelajaran Administrasi Perkantoran bukan Akuntansi ya. Ok jangan lupa view ya.
A. Pengertian Fasilitas Kantor
 Fasilitas Kantor menurut KBBI adalah sarana yang dapat memperlancar pelaksanaan fungsi/tugas kantor.   
B. Macam-macam Fasilitas Kantor
     1. Barang yang habis pakai
Yaitu barang-barang kantor yang hanya dapat dipakai satu kali saja dan sifatnya tidak tahan          lama. Pengadaan failitas kantor biasanya dilakukan secara terus menerus karena barang-barang habis pakai ini selalu dibutuhkan dalam pekerjaan kantor. Contoh : Tinta, amplop, pulpen, kertas dll
     2. Barang yang tidak habis pakai
Yaitu barang-barang kantor yang dapat dipakai berulang kali dan sifatnya cenderung lebih tahan lama dibandingkan dengan barang-barang yang habis pakai. Untuk pengadaan barang-barang yang tidak habis pakai biasanya dilakukan pada saat tertentu karena barang-barang ini sifatnya tahan lama. Sehingga untuk pengadaannya kembali membutuhkan waktu yang lama oleh karena itu, barang ini pengadaannya pada saat tertentu bisa setahun sekali atau lebih. Contoh : kursi, meja, gunting, perforator(pembolong kertas), gunting dll
     3. Mesin-mesin kantor
Yaitu segala faslitas kantor yang berfungsi untuk menghimpun serta mencatat segala pekerjaan kantor baik secara mekanik, elektrik, maupun magnetik. Contoh : Kalkulator, laptop, scanner, LCD dll
     4. Pesawat kantor
Yaitu segala fasilitas kantor yang berfungsi sebagai sarana komunikasi  baik dengan lingkungan kantor sendiri maupun dengan pihak luar kantor. Contoh : intercome, telepon, dan faksimile
      5. Interior Kantor
Yaitu segala fasilitas kantor yang berfungsi sebagai hiasan di dalam ruangan kantor sehingga kantor akan tampak lebih serasi dan dapat meningkatkan produktivitas pegawai dalam bekerja. Contoh : lukisan, kalender, lampu hias, vas bunga dll
C. Pengadaan Fasilitas Kantor
Pengadaan fasilitas kantor adalah segala kegiatan penyediaan fasilitas kantor guna menunjang pelaksanaan fungsi atau tugas kantor.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam panyediaan fasilitas kantor :
a. Gunakan prosedur pengadaan fasilitas kantor yang berlaku dalam organisasi.
b. Tentukan jenis, kualitas, dan kuantitas barang yang dibutuhkan.
c. Sesuaikan antara barang yang dibutuhkan dengan biaya yang tersedia.
d. Gunakan dan sediakan fasilitas kantor untuk kegiatan operasional saja
e. Penyimpanan dan pemeliharaan fasilitas kantor.
f. Kelola dan kumpulkan data fasilitas kantor
Pemeliharaan Fasilitas Kantor
Yaitu kegiatan terus menerus untuk mempertahankan fasilitas kantor agar tetap dalam keadaan baik dan siap untuk dipakai. Tujuan :
1    1.  Barang tidak mudah rusak baik karena hama, suhu, maupun cuaca
2    2. Barang tidak mudah hilang.
3    3.   Barang tidak mudah susut.
4    4.  Barang tidak mudah kadaluarsa.
5    5.  Fasilitas kantor tetap dalam keadaan baik, dan bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

10 dosa besar yang tidak diampuni Allah